Pages

2009-01-25

Ide Segudang; Susah Tidur

Hari-hari terakhir ini, entah kenapa Saya susah tidur. Padahal Saya adalah termasuk orang yang 'pelor' (nempel langsung molor). 'Pelor', sebuah istilah / julukan buat orang yang gampang tidur, suka tidur, banyak tidur, dan sejenisnya.

Ada suara 'gaib' yang terdengar dalam pikiran, yang selalu muncul setiap waktu menjelang malam, ''sayang kalo malam ini (waktu)dihabiskan dengan tidur'', dan suara gaib itu terasa semakin kuat dan semakin mendominasi pikiranku bila malam semakin larut.

Saya sempat bingung juga. Kenapa bisa begini ?

Vitalitas tubuh terasa 'ngedrop' banget, bergerak sedikit, lelah langsung terasa. Konsentrasi senantiasa buyar tak karuan, nggak bisa fokus.

Si cantik, ibunya anak-anaku pun sering ngomel-ngomel. ''Begadang lagi-begadang lagi.''
"Tuh mata merah banget, Tidur dong, Jangan begadang aja''. Begutulah, kurang lebih ucapan-ucapan yang sering kudengar dari istriku.

Setiap malam bagiku adalah, waktu yang tepat untuk berimajinasi. Pikiran liarku kulepas bebas. Menelusuri setiap sudut kemungkinan di masa datang, dan mencoba mengkorelasikannya dengan memori-memori pengalaman masa lalu yang berhasil disimpan.

Sebuah pena pun tak lepas dari jemari yang menggenggamnya. Mencoba membantu dan mefasilitasi sang pikir dalam mendokumentasikan penjelajahannya dari setiap arah.
Tidak terasa buku tulis setebal 300 an halaman pun kini telah dipenuhi dengan tulisan-tulisan. Bentuk tulisan pun beragam, dari tulisan yang sistematis sampai tulisan yang aku sendiri nggak tahu apa maksudnya.

Rencana-rencana, ide-ide, target-target bermunculan memenuhi isi kepala. Dan yang semakin membuat aku nggak bisa tidur adalah, pikiran yang selalu mempertanyakan, ''bagaimana mengimplementasikan semua itu?''

Banyak hal yang tidak kuketahui. Akhirnya pencarian-pencarian kulakukan. Semakin banyak yang aku temukan semakin terasa bahwa banyak hal tidak kuketahui.

Begitulah, hari-hari terakhir ini kujalani. Sampai kapan hal ini terjadi? Akupun tak tahu.

Semakin sering mencari, semakin banyak kutemukan, dan akhirnya semakin terasa bahwa betapa banyak hal yang tidak kuketahui. Begitulah hal-hal tersebut kujalani, seolah roda yang berputar terus tanpa tahu cara menghentikan perputarannya.

Akan tetapi, dari sekian banyak temuan yang aku dapati, ada beberapa yang kuanggap solusi. Setidaknya anggapanku, karena aku pun berusaha memaknai solusi-solusi tersebut dengan menjalankannya.

Kurang lebih, solusi tersebut adalah ''cobalah untuk menginplementasikan ide-ide yang muncul di kepala, meskipun dengan seremeh-remehnya tindakan nyata.''
Atau dengan kata lain, sekecil apapun tindakan nyata yang kita lakukan guna mewujudkan ide-ide di kepala adalah hal yang mutlak harus aku lakukan. Dan aku pun tidak begitu peduli dengan hasil yang akan kudapat, yang terpenting sekarang adalah bagaimana agar ide-ide di kepala ini akan menjadi berharga, tidak hanya menjadi sebatas angan-angan belaka.

Menurutku ini jalan terbaik dalam mewujudkan ide-ideku. Hasil bagiku, tidak begitu penting. Proses ini begitu berharga karena di sana banyak tersimpan makna. Makna-makna yang akan semakin mewarnai jalan hidupku.

Tos ah capewwww...l

0 komentar:

Post a Comment

Komentar Anda sangat berharga bagi Saya. Silakan berkomentar ...